DOMINOHALO
LightBlog
HALOTOTO
LightBlog

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday, August 4, 2018

Aneh tapi Nyata,3Hal Konyol Ini terjadi dalam Sejarah Dunia

Tak sedikit orang menganggu, sejarah adalah hal yang berat banyak tanggal harus dihadapi, detail atau singkatan yang rumit, juga membosankan karena di samapaikan dengan cara yang tak menarik. 

Namun, ada juga sejumlah kisah unik bahkan lucu tentang hal hal yang terjadi pada masa lalu, yang jauh lebih menarik dari pada yang sering diungkap  para sejarawan atau yang tertulis dalam buku buku sejarah lawas.(kodokterbang)

Kisah- kisah tersebut, atau yang dalam  bahasa Prancis disebut 'les petite histoire' bahkan terkait erat dengan sejarah besar yang bisa mengubah nasib sebuah bangsa. 

Misalnya, tentang Run, sebuah pulau kecil di Kepulauan Banda, Indonesia mengubah sejarah Amerika serikta.

Pulau Run sanggup  memicu perang berdarah antara dua kekuatan  adidaya Inggris dan Belanda. Pala atau nutmeg. Pada tanggal 31 juli 1667, perang berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Brede.

Belanda menyerahkan New Netherland-- yang meliputi Mew York, Delaware,New Jersey, dan Connecctiicut ketangan Inggris,dipertukarkan dengan Pulau Run Suriname.Sebuah keputusan yang mengubah jalan sejarah Amerika Seikat pada masa masa awal. Tak hanya itu saja, berikut 5 kisah konyol yng membuktikan sejarah tak selalu membosankan,speri ini. 

1. WC Dikira Makam Pahlawan. 
pada tahun 1917, ditengah Perang Dunia l,perwira Amerika Serikat,kolonel GeorgeS.Patton berada di sebuah desa di Prancis.Namanya  Desa Bourg.
Suatu hari, seorang wali kota mendatanginya.Pria itu berlinang air mata, Ia mengaku bingung saat menerima kabar keberadaan sebuah penghormatan yang pantas.
Kolonel Patton, yang tak merasa mendapat laporan ada prajuritnya yang gugur dan dimakamkan di desa itu, ikut-ikutan bingung. Ia pun kemudian diantar kelokasi makam tersebut. 

Orang perancis itu berkeras agasr kami mengungjungi  makam tersebut",tulis Patton dalam buku hariannya,sperti dikutip dari situs anti-hoax. 
Sampai dilokasi,sang kolonel menyadari,apa yang dikira sebagai makam adalah sebuah jamban yang sudah tertimbun rapi dengan tanah. 
Rupanya  para anak buahnya telah menisinya dengan kotoran dan memasan tanda agar tentara lain tak mendekatinya.
Tanda'Abandaoned Rear'itu ternyata menerupai salib--yang membuat sejumlah warga mengiranya sebagai makam. 
Patton merasa lega saat mengetahui kebenaran itu, namun ia tak pernah mengoreksi wali kota yang bingung tersebut,"Orang-orang Prancis mengiranya sebagai Salib Aku tak pernah mengungkap yang sebenarnya pada mereka. 
Pada Perang Dunia ll,Patton--yang kala itu sudah diangkat menjadi jenderal--kembali di Desa Bourg.
Ia mengetahinya bahwa ternayata Abandoned Rear yang dikira makam yang telah dipelihara dengan baik oleh penduduk kota selama hampir 30 tahun! 
"Makam pahlawan'Abandoned Rear' masih dipelihara dengan baik oleh penduduk setempat,"kata dia

2.Viking Salah Menyerbu Kota.
Viking adalah  bangsa penakluk  dan penjajah.Perilaku meraka yang barbar meneror manusia pada masa lalu . 
Mereka kerap menaklukan  wilayah wilayah kecil,sembari memendam ambuisi menaklukkan kota paling modern padas masanya:Roma.
Rencana pun disusun, Dua bersaudara Viking,Bjorn dan Hastein memim[inm armada menuju kota besar itu. Namun, alih alih menyerbu benteng Roma,mereka mengirim utusan. 
Kepada warga kota yang ketakutan,utusan itu mengaku pasukan Viking tak datang untuk menyerbu,melainkan sang pemimpin telah memeluk agama Kristen dan sekarat.Ia ingin dimakamkan secara Kristiani.Tentu saja itu dusta. (sudahmain)
Meski curiga, warga kota mngizinkan Hastein dan para pengiringnya masuk untuk meneima ritual.Ditengah  ritual,Hastein menyeruak dari peti mati, para pengikutnya pun segera mengeluarkan senjata pasukan Viking dengan mudah menguasai kota.
Warga  diperintahkan membingkuk tanda takluk,hastein pun memproklamasikan diri sebagai penguasa Roma. Namun,sebuah seruan membuyarkan hingar bingar kemenangannya; Bangsa Viking sejatinya menaklukan Luna,sebuah kota diutara Roma."Hastein sangat marah saat mendengarnya fan berseru, Luna akan mendapat hukuman untuk itu .ia memerintahkan kota di jarah . 

3.Perang Ketel. 
Perang yang terjadi pada 8 Oktober 1784 adalah satu pertempuran paling tak masuk akal dalam sejarah. Kala itu , pasukan Kekaisaran Romawi Suci(Holly Roman Empire)--kekaisaran yang terdiri atas wilayah wilayah muti etnik di Eropa Tengah yang berkembang sejak awal Abad Pertengahan hingga pembubaran pada 1806--berhadapan dengan serdadu Belanda bagian utara Nothern Netherlands. Setelah serangkaian pergolakan politk dan pemberontakan,pihak  Belanda Utara memisahkan diri dari Kekaisaran  dan memblokade sejumlah pelabuhan penting. 

Kaisar Joseph ll yang sama sekali tak senang dengan tindakan itu, mengirimkan  tiga kapal perang untuk menhentikan blokade. Di sisi lain, pihak Belanda hanya mengirimkan  satu,namanya Dolfijin, Seleah saling berhadapan, Dolfijin  mengirimkan satu tembakan kearah lawan. Tak ada satupun manusia kena luka apalagi tewas.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot